Vaksin Covid-19, Pemerintah Diminta Prioritaskan Lansia

Senin, 7 Juni 2021 10:29

ILUSTRASI. Kelompok lanjut usia atau lansia harus menjadi prioritas pemerintah untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. (De...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kelompok lanjut usia atau lansia harus menjadi prioritas pemerintah untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan lansia rentan terhadap penularan. Hal ini terlihat dari meningkatnya kasus Covid-19 pada lansia pasca libur lebaran.

“Kelompok rentan seperti lansia harus mendapat perhatian khusus dalam vaksinasi Covid-19,” ujar Lestari kepada wartawan, Senin (7/5).

Menurut Lestari, cenderung meningkatnya kasus positif Covid-19 pada lansia bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Antara lain, belum terbentuknya kesadaran menjalankan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing, dampak terjadinya pergerakan orang antarwilayah pada periode Lebaran, atau karena mulai gencarnya test Covid-19 di sejumlah daerah sehingga banyak kasus positif Covid-19 terungkap.

Karena itu, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, di samping upaya peningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan, para pemangku kepentingan harus segera melakukan jemput bola. Yakni untuk mempercepat kelompok lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Dengan sudah divaksin, Rerie berharap, jumlah lansia yang terlindungi dari ancaman Covid-19 semakin banyak,” katanya.

Data dari laman www.vaksin.kemkes.go.id, pada Rabu (2/6), tercatat dari 21,55 juta lansia sasaran vaksinasi, baru 3,38 juta oramg yang telah divaksinasi dosis pertama dan 2,22 juta lansia disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua.

Bagikan berita ini:
8
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar