901.802 Pelanggan PLN di Sulsel Bakal Tak Nikmati Stimulus Lagi, Ini Penyebabnya…

Selasa, 8 Juni 2021 11:18

PLN siap melanjutkan penyaluran stimulus listrik untuk 32 juta pelanggan. (dok.PLN)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Diskon listrik untuk pelanggan golongan subsidi segera disetop. Sebanyak 901.802 pelanggan PLN di Sulsel bakal tak menikmati lagi stimulus ini lagi.

Pada Juli nanti, tarif listrik kembali normal seperti sedia kala. Selama pandemi, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memang memberi stimulus dalam bentuk keringanan atau diskon tarif listrik. Keringanan itu khusus untuk pelanggan golongan subsidi 450 Volt Ampere (VA) dan 900 Volt Ampere (VA).

Tahun ini, stimulus tersebut memang diberikan dengan sistem pengurangan secara bertahap hingga Juni ini. Pada Januari-Maret, pemerintah masih memberikan diskon tarif listrik sampai 100 persen. Namun, itu khusus untuk pelanggan rumah tangga 450 VA serta pelanggan bisnis dan industri 450 VA.

Sementara jatah diskon untuk pelanggan rumah tangga 900 VA (subsidi) dapat diskon 50 persen. Kemudian ada pembebasan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen untuk golongan sosial, industri, dan bisnis sebanyak 100 persen.

Lalu, selama periode April-Juni ini, pemerintah mengurangi besaran stimulus. Pelanggan rumah tangga 450 VA, bisnis 450 VA, dan industri 450 VA masih mendapat diskon 50 persen. Sedangkan pelanggan rumah tangga 900 VA dapat diskon 25 persen. Biaya rekening minimum serta biaya beban untuk golongan sosial, bisnis, dan industri diberi diskon 50 persen.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar, Awaluddin Hafid mengatakan, kebijakan subsidi dan stimulus menjadi kewenangan pemerintah. Pihaknya menjalankan apa yang sudah menjadi ketetapan pemerintah.

Bagikan berita ini:
5
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar