Bakal Diberi Gelar Prof, Megawati Punya 9 Doktor HC dan Pernah Kuliah di Dua Kampus Tapi Tak Lulus

Selasa, 8 Juni 2021 16:14

Megawati Soekarnoputri. (INT)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri bakal mendapat gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ketua Umum PDIP itu pernah tercatat sebagai mahasiswa di dua perguruan tinggi. Hanya saja, kuliah tersebut tak pernah selesai.

Dalam sebuah acara, Megawati sendiri pernah menjelaskan alasan pribadinya mengapa dia tak lulus kuliah.

Dia menjelaskan, sempat mengecap perkuliahan di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada 1965 silam. Namun tak bisa melanjutkan kuliah dan menyelesaikan pendidikan tersebut lantaran alasan kondisi gejolak politik saat itu.

“Hanya dua tahun kesempatan saya untuk belajar di Unpad. Kesemuanya memaksa saya untuk tidak melanjutkan kuliah di kampus ini,” tutur Megawati ketika menerima gelar doktor dari Unpad pada 25 Mei 2016.

Selain itu, mantan orang nomor satu di Indonesia tersebut juga pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1970, yang juga tak sampai lulus.

Punya 9 Gelar Doktor HC

Ibu dari Puan Maharani ini berhasil mengumpulkan sembilan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari berbagai univeristas dalam negeri dan luar negeri.

Gelar Doktor (HC) terakhir yang diraih Megawati adalah dari Universitas Soka Jepang di bidang kemanusiaan dan jadi gelar yang kesembilan baginya.

Bagikan berita ini:
1
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar