Bicara Otsus Papua, Bupati Merauke Canangkan Klaster Pertanian Nasional

Rabu, 9 Juni 2021 21:02

IST

Fajar.co.id, Jakarta — Revisi Undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua sedang berjalan di DPR, berbagai tokoh Papua ikut menyampaikan masukan berbagai pendekatan untuk kemajuan Bumi cenderawasih.

Salah satunya, Bupati Merauke Romanus Mbaraka. Ia menilai stigma yang selama ini dialamatkan kepada Papua yang identik dengan chaos (kerusuhan) tak tepat.

“Jangan dibuat stigma chaos melulu. Mari kita membuat papua ini menjadi bagian integral dari Indonesia,” kata Romanus Saat Dialog Kenegaraan yang digelar DPD RI bertajuk “RUU Otsus Papua, Apakah Menyejahterakan Rakyat?, di Presroom Parlemen, Jakarta, Rabu (9/6)

Ditegaskan Romanus, orang Papua tidak memikirkan merdeka, ia menggaransi prinsip itu sebab kini, yang dibutuhkan masyarakat Papua adalah kesejahteraan, dan sudah dibuktikannya selama memimpin Merauke.

“Sehingga kebijakan saya menyekolahkan anak-anak Merauke di dunia saya sedang dorong contoh di bidang IT kedokteran engginering saya harus dorong. Isu begini harus didorong pada orang Papua, jadi dia akan mendunia,” papar Romanus.

Kebijakan pemerintah pusat selama ini, Romanus juga memiliki catatan khusus, ia menekankan setiap kebijakan harus dikontrol dari atas sampai ke bawah. Ia lalu menyinggung program lumbung pangan nasional yang sebenarnya layak dibangun di Papua.

Untuk diketahui, lumbung Pangan nasional baru difokuskan pemerintah di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Sementara Papua NTT Sumsel masih sebatas rencana.

Bagikan berita ini:
3
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar