Kamala Harris Larang Imigran Datang ke AS

Rabu, 9 Juni 2021 11:21

Wakil Presiden AS Kamala Harris saat berpidato di Guatemala melarang imigran datang ke AS (AFP)

FAJAR.CO.ID — ”Jangan datang ke Amerika Serikat (AS).” Itu adalah penggalan kalimat yang dilontarkan Wakil Presiden AS Kamala Harris saat berpidato di Guatemala. Penduduk di negara tersebut merupakan salah satu penyumbang terbesar karavan imigran ilegal yang menuju Negeri Paman Sam.

Harris menjelaskan bahwa perjalanan menuju AS sangat berbahaya. Mereka harus melewati area-area berbahaya di Meksiko sebelum akhirnya sampai di AS. Tak jarang, imigran meninggal di perjalanan. Entah itu karena tenggelam saat menyeberangi sungai atau sebab lainnya.

Menjadi imigran tanpa dokumen resmi juga hanya menguntungkan sindikat perdagangan manusia. Mereka yang meraup keuntungan besar dari menyelundupkan para imigran tersebut. Setelah perjuangan keras itu pun, imigran belum tentu diterima. Tanpa dokumen resmi, mereka akan ditolak ketika sampai di pintu perbatasan AS.

”Pemerintah AS akan terus menegakkan hukum dan mengamankan perbatasan kami,” tegas Harris saat berpidato di samping Presiden Guatemala Alejandro Giammattei Senin (7/6) seperti dikutip Agence France-Presse.

Itu adalah kunjungan luar negeri pertama Harris sejak menjabat wakil presiden. Presiden AS Joe Biden menugaskan Harris untuk mengontrol ledakan imigran di perbatasan wilayah selatan. Itu adalah perbatasan AS dengan Meksiko. Jalur tersebut menjadi pintu masuk bagi imigran dari El Salvador, Honduras, dan Guatemala.

AS memang harus bertindak cepat. April lalu lebih dari 178 ribu imigran tiba di perbatasan. Jumlah itu adalah kedatangan bulanan tertinggi dalam dua dekade terakhir. Sekitar 40 persen imigran berasal dari negara-negara Amerika Tengah.

Bagikan berita ini:
7
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar