Paper Megawati Puji Kepemimpinan Presiden Mega, Profesor Ini Beri Masukan Agar Gak Norak

Rabu, 9 Juni 2021 15:19

Megawati Soekarnoputri. (INT)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Karya ilmiah yang ditulis Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri tersebar di media sosial dan jadi sorotan warga net. Sebab, tulisan itu memuji Megawati sendiri pada masa kepemimpinannya pada tahun 2001 hingga 2004.

Karya Ilmiah itu berjudul: KEPEMIMPINAN PRESIDEN MEGAWATI PADA ERA KRISIS MULTI DIMENSI 2001-2004

Di bawah judul, nama penulis adalah: Dia Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri. Yang merupakan nama Ketua Umum PDI-P itu sendiri.

Adapun karya ilmiah (paper) itu, membawa Megawati memperoleh gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan). Dia akan dikukuhkan pada Jumat (11/6/21) mendatang.

Pakar sosiologi bencana Nanyang Technological University (NTU), Singapura, Prof Sulfikar Amir ikut merespon karya ilmiah itu. Dia pun memberikan beberapa kritikan dan masukan terhadap tulisan itu.

Melalaui akun Tewitter-nya @sociotalker, Prof Sulfikar Amir menilai karya ilmia yang ditulis Megawati yang isinya memuji dirinya sendiri, tidak ada yang salah secara akademik.

Twitter @sociotalker

“Jadi gini, menulis paper tentang pengalaman diri sendiri itu sah dalam dunia akademik,” kata Sulfikar dikutip FIN, Rabu (9/6).

Namun, Sulfikar mengatakan, Megawati harusnya memahami cara penulisan agar tidak terkesan memuji dirinya sendiri.

“Tapi ada caranya agar tidak terjebak self-praising yang norak,” katanya.

Sulfikar lantas memperlihatkan tulisan ilmiah serupa. Kata ia, tulisan itu menjadi contoh apabila dirinya menjadi penulis bayangan dalam tulisan ilmiah Megawati.

Bagikan berita ini:
6
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar