Peringatan untuk Gofar Hilman: Jangan Anggap Remeh Pelecehan Sekecil Apapun

Rabu, 9 Juni 2021 10:20

Gofar Hilman

Nyelaras menyebut kelakukan Gofar melecehkan dirinya di muka umum adalah sebuah tindakan menjijikkan. Tapi kata dia, yang lebih jijik dengan kerumunan orang-orang yang sahut-sahutan “dienakin kok gamau” dan “yaaahhh” sambil ketawa-ketawa. Nyelaras semat trauma dengan keramaian untuk beberapa waktu.

“Beberapa bulan setelah kejadian itu, gue pernah speak up di Instagram, tapi gue take down karena respon salah satu temen perempuan yang intinya bilang “bukannya dia punya alesan sampe bisa ngelakuin itu?” Jawaban itu dulu bikin gue geli dengan diri sendiri,” ungkapnya.

Atas kejadian dugaan pelecehan seksual itu, Nyelaras berpesan agar Gofar Hilman menyadari perbuatannya tiga tahun silam dan tidak akan mengulanginya ke siapa pun.

“Mengingatkan Gofar bahwa nggak semua orang mau melakukan apa aja dengan kamu. Juga mengingatkan semua orang untuk berhati-hati dalam mengambil tindakan, walau pun di ruang publik,” tegasnya.

Nyelaras juga mengingatkan semua orang bahwa dilecehkan di ruang publik sama sekali bukan sesuatu yang mengenakkan. Termasuk menolong orang yang dilecehkan di mana pun itu adalah tanggung jawab semua orang.

“Jangan anggap remeh pelecehan sekecil apa pun, nggak semua orang bisa handle trauma dengan baik. Agar semua orang yang berniat melakukan pelecehan ke siapa pun bisa mikir berkali-kali atas konsekuensi dari tindakan impulsif dan menjijikan itu,” pungkasya. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
2
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar