Tak Percaya Pemerintah dan Butuh Modal Bisnis, CJH di Sulsel Ramai-ramai Tarik Dana Haji

Rabu, 9 Juni 2021 14:17

Ilustrasi haji/FAJAR

Di Pinrang pun demikian. Muhammad Basri misalnya, lelaki berusia 70 tahun itu mengaku telah mendaftar haji pada 2010 silam. Mendengar kabar pemberangkatan CJH tahun ini kembali batal, dia harus bersabar lagi.

Ayah delapan orang anak itu mengaku tak akan menarik dananya. Dirinya lebih memilih untuk menunggu tahun depan.

Basri berharap kondisi fisiknya bisa tetap sehat pada momen itu. Sebab ia sadar, usia terus berjalan dan mungkin memengaruhi kesehatan fisiknya.

CJH lainnya yakni Andi Makka mengaku, dirinya, istri, serta salah satu anaknya mendaftar haji plus sejak dua tahun lalu. Dia pun akan menunggu tahun depan agar bisa berangkat.

“Kami menunggu saja tahun depan. Semoga korona sudah berlalu dan pergi haji pun tak terkendala lagi,” harap lelaki berusia 55 tahun itu.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Islam Pinrang, Muhammad Ihwan, mengungkapkan, 14 ribu CJH masuk daftar tunggu di Pinrang. “Nah khusus tahun 2021, mestinya berangkat 357 CJH. Tetapi tidak jadi karena pandemi,” jelasnya.

Di Enrekang, ada Muh Zaini (63). Zaini mendaftar sejak 2012. Seharusnya sudah diberangkatkan pada 2020 kemarin. Mendengar tahun ini pemberangkatan kembali ditunda, dirinya hanya bisa mengusap dada dan bersabar.

“Kita hanya bisa bersabar, mungkin belum waktunya kita dipanggil ke rumah Allah,” katanya, Selasa, 8 Juni.

Bagikan berita ini:
8
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar