Tak Percaya Pemerintah dan Butuh Modal Bisnis, CJH di Sulsel Ramai-ramai Tarik Dana Haji

Rabu, 9 Juni 2021 14:17

Ilustrasi haji/FAJAR

Saat ditanya, apakah dirinya berkeinginan untuk menggantinya ke ibadah umrah saja atau menarik dana pelunasannya, Zaini hanya menggelengkan kepala. Niat ibadah hajinya masih bulat, meski harus menunggu lebih lama lagi.

“Ini sudah niat. Kalau niat baik apalagi ibadah pasti akan terlaksana, kita tinggal tunggu Allah ridhoi niat kita. Mungkin Allah ingin kita lebih dekat dulu baru kita bisa berangkat,” ujar kakek yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Enrekang, H Irman mengungkapkan, sebanyak 185 calon jemaah haji (CJH) di Enrekang ditunda keberangkatannya tahun 2021. Hingga saat ini, lanjut Irman belum ada CJH yang berkeinginan untuk pengambil dana pelunasannya. “Kalau mau mengambil itu bisa,” ungkapnya.

Kemenag Tak Halangi

Pembatalan keberangkatan haji tahun ini membuat sejumlah calon peserta haji menarik uangnya. Itu sah-sah saja. Kemenag juga tidak nenghalangi hal itu.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Ali Yafid mengatakan, pihaknya tidak akan melarang jika ada calon peserta haji menarik uangnya. Ia bahkan mempersilakan dengan tangan terbuka.

“Kalau ada yang mau ambil uangnya, silakan saja ke kantor Kemenag Sulsel. Bawa buku atau tanda bukti dan nomornya, nanti kami layani,” jelasnya kepada FAJAR, Selasa 8 Juni.

Akan tetapi, kata Ali Yafid, calon peserta haji hanya bisa mengambil dana pelunasan saja. Sebab, jika mereka menarik secara penuh, maka otomatis jatahnya juga bakal hilang.

Bagikan berita ini:
9
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar