Rencana Menaikkan PPN, Sri Mulyani Sebut Situasinya Jadi Agak Kikuk

Kamis, 10 Juni 2021 21:00

Foto : Iwan Tri wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWORK : Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana pemerintah untuk menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) belum bisa dijawab secara gamblang oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menurutnya, draf tersebut bocor sebelum Presiden Jokowi menyerahkan ke DPR.

Sri Mulyani mengaku bingung. Alasan atas naiknya PPN sudah bocor ke publik. Padahal, pembahasan antara pemerintah dengan DPR belum sama sekali dilakukan. Idealnya, setelah pembahasan rampung, pemerintah baru bisa memberikan penjelasan dan sosialisasi ke masyarakat.

“Dari sisi etika politik belum bisa memberikan penjelasan ke publik. Karena ini belum kami sampaikan ke DPR. Situasinya jadi agak kikuk. Jadi kami tidak dalam posisi bisa menjelaskan keseluruhan rencana pajak kita,” terangnya, Kamis (10/6).

Menurutnya, dengan bocornya draf tersebut, banyak informasi yang diterima hanya sepotong dan tidak tersampaikan secara lengkap. Karena yang diterima hanya sepotong, lanjut Sri Mulyani, sehingga pemerintah dinilai tidak memperhatikan kondisi masyarakat pada saat sekarang.

Ia juga meminta masyarakat sabar menunggu kelanjutan dari pembahasan kenaikan pajak tersebut. Yakni menunggu selesai pembahasan antara pemerintah dengan DPR.

“Akan dilihat waktunya. Apakah bisa dibahas sekarang, pondasinya seperti apa, dan siapakah dalam perpajakan yang disebut gotong royong. Siapa yang pantas dipajaki, itu semua perlu dijelaskan secara lengkap,” bebernya.

Ia melanjutkan, dalam pembahasan nantinya, juga akan dibahas pasal per pasal. Sehingga alasan kenapa usulan tersebut disampaikan harus jelas dan bisa dipahami.

Bagikan berita ini:
7
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar