Soal Penggunaan PEN, DPRD Bone Pernah Usul Betonisasi, Tetapi Hotmix yang Merata

Kamis, 10 Juni 2021 20:56

Saipullah Latif Manyala

FAJAR.CO.ID, BONE — Ruas jalan di Kabupaten Bone, mencapai 2.481,65 kilometer. Jalan tersebut terdiri dari jalan kabupaten sepanjang 1.500 kilometer dan jalan desa 944 kilometer.

Merujuk data Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Bone dari 2.481,65 kilometer itu, hanya 56 persen dalam kondisi bagus. Ada 46 persen jalan dalam kondisi rusak atau sekira 690 kilometer.

Pemerintah telah mengupayakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) namun yang disetujui hanya Rp300 miliar. Angka itu pun tak cukup untuk memperbaiki keseluruhan jalan di Bone yang rusak.

Anggota Banggar DPRD Bone, Saipullah Latif Manyala menerangkan, nomenklatur kegiatan khususnya dana PEN ini dibahas bersama dan jelas dalam kegiatan itu untuk infrastruktur jalan dan jembatan.

Kata dia, DPRD pernah menyarankan betonisasi karena daya tahannya, namun harus menyiapkan anggaran besar. Kalau hotmix pertimbangannya karena volume pekerjaan lebih banyak. Apalagi usulan pekerjaan jalan sangat besar.

“DPRD dalam rapat bersama Pemda pernah mengusulkan untuk sekiranya infrastruktur jalan itu secara betonisasi. Hanya dikatakan diusulkan, namanya diusulkan bukan mutlak, dan tidak dikunci. Tergantung OPD terkait,” katanya, Kamis (10/6/2021).

Kata politisi PBB itu, kalau untuk membagi secara merata tentu hotmix itu biayanya relatif rendah. Apalagi, anggaran PEN hanya Rp300 miliar sementara usulan banyak juga.

Bagikan berita ini:
10
8
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar