Sulsel di Pusaran Korupsi, Anggu Dinilai Pandai Melobi

Kamis, 10 Juni 2021 14:04

Agung Sucipto (tengah)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Satu per satu peran signifikan kontraktor dalam pusaran dugaan suap proyek infrastruktur di Sulsel diyakini akan terkuak. Fakta sidang Anggu dipastikan akan membuka dengan terang permainan kotor mereka dalam memenangkan tender.

Faktanya disebut akan makin telanjang, saat para oknum kontraktor ini dihadirkan dalam persidangan. Majelis hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan leluasa menggali informasi dari mereka. Termasuk modus dan keterlibatan rekanan ini untuk mempengaruhi alur tender meski sudah melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Salah satu yang menyita perhatian pada sidang terdakwa Agung Sucipto alias Anggu adalah Nurwadi alias H Momo. Dia bahkan disebutkan berulang kali menyetorkan uang pelicin untuk memuluskan niatnya menguasai proyek besar di Sulsel.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri menuturkan peran Anggu ini memang menjadi pintu masuk KPK penyidikan. Apalagi memang ada bukti permulaan, Anggu diduga menjadi kontraktor favorit NA. Mereka sudah lama kenal baik.

“Anggu ini ingin mendapatkan beberapa proyek infrastruktur lagi tahun ini. Makanya ada komunikasi yang aktif dilakukan Anggu dengan Edy Rahmat sebagai orang kepercayaan NA. Dia melobi. Diduga ada tawar menawar fee,” tuturnya.

KPK mencatat, perusahaan Anggu sudah mengerjakan beberapa proyek di Sulsel. Ada peningkatan Jalan Ruas Palampang-Munte-Bontolempangan (DAK Penugasan) TA 2019 senilai Rp28,9 miliar. Pembangunan Jalan Ruas Palampang-Munte-Bontolempangan (DAK) TA 2020 senilai Rp15,7 miliar. Pembangunan Jalan Ruas Palampang-Munte-Bontolempangan (APBD Provinsi) Rp19 miliar

Bagikan berita ini:
5
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar