Cerita SBY, Tulis Disertasi Pertumbuhan Ekonomi Lalu Diterapkan Saat Jadi Presiden

Jumat, 11 Juni 2021 07:08

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). INT

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan 17 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2004, dia mengikuti sidang terbuka guna meraih gelar dokter dari ITB dengan disertasinya yang dia tulis dengan tema; pertumbuhan ekonomi hingga mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Saya masih ingat disertasi yang saya tulis, saya persiapkan judulnya atau temanya upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan pengangguran dengan menggalakkan pembangunan pertanian perdesaan dan infrastruktur dari sisi ekonomi, politik, kebijakan fiskal,” kata SBY dalam acara promosi doktor anaknya, Edhie Baskoro Yudhyono atau Ibas, Kamis (10/6).

SBY mengatakan, disertasinya itu dia terapkan semasa menjadi presiden RI. Dia menuturkan, setelah kepemimpinannya berakhir, dia menyebut, angka kemiskinan dan pengangguran turun secara signifikan, demikian pula pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

“Alhamdulillah, sejarah membuktikan kalau dulu setelah selesai memimpin, pengangguran kita drop, kemiskinan kita drop secara signifikan, dan pertumbuhan meningkat dengan baik. Saya kira di samping izin Allah, dukungan rakyat Indonesia, IPB juga memberikan andil terhadap penyiapan itu,” ujarnya.

“Bahwa salah satu mahasiswanya dengan disertasi seperti itu, setelah saya berkuliah 3 tahun akhirnya menjadi bagian utama dari economy policy di negeri kita,” lanjut SBY.

Dia menyebut, selama 10 tahun memimpin Indonesia, SBY menerapkan strategi yang disebut dengan four track strategy yakni pro pengangguran, kemiskinan hingga pertumbuhan ekonomi. Hal itu menjadi pokok pemikirannya dalam disertasi yang dia tulis.

Bagikan berita ini:
10
6
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar