Kades di Sinjai Pelesiran Kuras Dana Desa, Habiskan Rp950 Juta

Jumat, 11 Juni 2021 14:42

ILUSTRASI. Plesiran

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Sinjai melalukan studi banding ke Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa timur. Namun, kegiatan ini menuai banyak sorotan lantaran dilaksanakan di akhir masa jabatan yang menguras dana desa.

Presidium Sinjai Geram, Awaluddin Adil menilai, studi banding ini hanya menghabiskan anggaran dengan berkedok belajar. Apalagi membawa istri mereka sebagai Ketua Tim Penggerak PKK. Sebab, masa jabatan kepala desa akan berakhir dalam waktu dekat.

Bukan hanya itu, beberapa hari sebelumnya juga telah dilakukan Bimbingan Teknis di Kota Makassar yang diikuti sekitar 150 orang. Terdiri dari kepala desa bersama aparat desa. Di sisi lain, banyak agenda yang wajib digelar di akhir masa jabatan. Salah satunya Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Desa (LPPD).

“Dalam kurung waktu satu pekan mereka menghabiskan ratusan juta anggaran, sementara jabatan mereka berakhir bulan depan, jadi tujuan mereka apa, bukan kah ini hanya pemborosan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menyoroti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) karena telah memberi ruang pelaksanaan bimtek dan studi banding ini. Bahkan, Kepala Dinas PMD, Hariyani Rasyid juga ikut dalam rombongan tersebut.

Sementara tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa masih karut marut. “Jadwal Pilkades berpolemik, tidak jelas kapan waktunya, padahal sudah lewat dari jadwal, tapi malah asyik ikut ke sana,” tambahnya.

Bagikan berita ini:
5
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar