Mantap, 61 Titik Wifi Gratis Se-Makassar

Jumat, 11 Juni 2021 13:43

WIFI GRATIS. Warga mengakses internet menggunakan gawainya di lokasi Kanrerong Karebosi, Kamis, 10 Juni. ABE BANDOE/FAJA...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Layanan internet gratis akan segera bertambah di Makassar. Jika terealisasi, totalnya akan menjadi 61 titik Wifi.

Sebelumnya, sudah 18 titik Wifi gratis yang terpasang, dari target 20 titik. Dua lainnya akan bersamaan dengan 41 titik tambahan yang akan dikerjakan kurun 2021.

Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika Diskominfo Makassar Jusman mengatakan pelayanan internet gratis untuk publik sebenarnya hanya merupakan bentuk dukungan dari layanan utama untuk SKPD.

Layanan internet gratis seperti yang disediakan di Karebosi, misalnya, masih berjalan dan masih support. Layanan internet yang dipersiapkan di SKPD dibuat optimal dengan melempar ke layanan internet gratis (open publik).

“Ini memang hanya supporting, yang kita rencanakan ada 61 titik. Sebenarnya, layanan utamanya adalah di SKPD, ‘sunahnya’ kita siapkan ke layanan publik,” kata Jusman, Rabu, 9 Juni.

Ada 1.200 Mbps yang telah disediakan Diskominfo yang ditempatkan di lt 10 Balai Kota. Dari situ, jaringannya dibagikan ke gateway seluruh SKPD.

Paket internetnya dedicated. Artinya, pakai atau tidak, tetap dibayar. Karenanya harus dioptimalkan, sehingga disebar ke seluruh SKPD.

“Membagi ke semua dinas, terbagi hingga bercabang-cabang. Berbagai lokasi yang terbagi mendapatkan macam-macam jumlah Mbps, ada yang menggunakan 600 Mbps, 800 Mbps, dan sebagainya,” ungkapnya.

Di samping itu, karena diinginkan agar optimal dalam pemakaian dan efisien, ada alat berupa PRTG yang memperlihatkan grafik pemakaian. Grafik pemakaian setiap saat, sehari, sebulan, hingga setahun, terlihat.

Bagikan berita ini:
6
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar