Preview Turki vs Italia: Ingat Kutukan Tuan Rumah

Jumat, 11 Juni 2021 12:06

Foto dari Sports Tiger

FAJAR.CO.ID, ROMA—EURO 2020 secara resmi akan dimulai, Sabtu, 12 Juni, dini hari nanti. Pertandingan pembukaan Piala Eropa edisi ke-16 ini akan mempertemukan Italia dengan Turki.

Italia tentu lebih diunggulkan memenangi pertandingan pertama Grup A ini. Selain karena statusnya sebagai tuan rumah, Gli Azzurri juga punya catatan impresif bersama pelatih Roberto Mancini. Sejak September 2018, mereka tak terkalahkan.

Bahkan, Italia yang absen di Piala Dunia 2018 memenangi delapan pertandingan terakhir mereka. Tak sekadar menang, mereka juga mencetak 25 gol dan tanpa kemasukan sekali pun. Di dua laga uji coba terakhir, mereka menang 7-0 atas San Marino dan 4-0 kontra Republik Ceko.

Meski begitu, Italia sama sekali tidak bisa meremehkan Turki yang sepanjang 2021 juga belum tersentuh kekalahan. Dari enam pertandingan, anak asuh Senol Gunes meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang.

Selain itu, Italia harus measpadai kutukan tuan rumah di laga pembukaan. Terhitung sejak EURO 1980, ada tujuh tuan rumah yang gagal memenangkan partai pembuka turnamen mereka. Termasuk Italia sendiri yang ditahan imbang 0-0 oleh Spanyol pada EURO 1980.

Tiga tuan rumah yang berhasil mencatatkan hasil bagus di partai perdana dan gelaran pembukaan juga harus bekerja keras sebelum mereka memenangkan pertandingan. Pada Piala Eropa 1984 serta 2016, Prancis hanya menang unggul satu gol.

Bagikan berita ini:
6
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar