Prof Amarulla Octavian Menilai Megawati Soekarnoputri Sosok yang Berhasil Menunjukkan Kepemimpinannya

Jumat, 11 Juni 2021 20:48

Megawati Resmi Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan. (Istimewa)

“Beberapa penghargaan doktor honoris causa dari berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri merupakan bukti pengakuan pemikiran akademik atas kepakaran beliau dalam bidang kepemimpinan strategis, yang juga sangat terkait dengan bidang pertahanan,” ungkap Amarulla.

Menurut dia, Megawati periode kepemimpinan sebagai presiden banyak menerbitkan berbagai kebijakan yang sangat mendukung tugas-tugas Kementerian Pertahanan RI dan TNI. Berbagai ide dan gagasan tentang pertahanan juga dituangkan dalam berbagai dokumen negara dan menjadi rujukan doktrin pertahanan.

“Menata komponen utama pertahanan merupakan langkah strategis mewujudkan profesionalisme TNI sekaligus membangun kesadaran pentingnya mempersiapkan komponen cadangan dan komponen pendukung di dalam Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata,” kata Amarulla.

Selain itu, lanjut dia, Megawati juga menunjukkan kepemimpinan yang kuat di dalam menjadikan Pancasila sebagai falsafah negara, dasar negara, dan sekaligus landasan kebijakan pemerintahan negara. Di dalam kepemimpinan ketua Dewan Pengarah BRIN itu, Pancasila juga diperkukuh menjadi sistem nilai, pedoman kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Menurutnya pula, yang terpenting ialah bagaimana menjadikan Pancasila sebagai dasar haluan pembangunan negara guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di dalam kebudayaan.

Dia menganggap seluruh ide, gagasan, dan kebijakan Megawati dapat dinilai sebagai serangkaian karya ilmiah yang signifikan memperkuat jati diri bangsa Indonesia yang memegang teguh ideologi Pancasila.

Bagikan berita ini:
5
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar