Testing, Tracing, dan Kesadaran Prokes Lemah, Kasus Covid-19 di Makassar Memprihatinkan

Jumat, 11 Juni 2021 21:22

Ilustrasi perawatan pasien Covid-19. (Destyan Sujarwoko/Antara)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus Covid-19 di Kota Makassar kembali meningkat. Hal itu dilihat dari data terkahir, Rt atau effective reproduction number yang mencapai 1.45.

Rt atau effective reproduction number adalah angka penambahan kasus yang terjadi di lapangan setelah mendapatkan berbagai intervensi.

Padahal sebelumnya, Rt Makassar sempat di bawah 1, yakni 0,8. Kemudian angka tersebut terus naik menjadi 1,1 tanggal 7 Juni 20201. Terakhir mencapai angka 1,45.

Epidemiolog Unhas, Prof Ridwan Aminuddin mengatakan, Rt Kota Makassar menjadi penanda bagi pemerintah untuk segera melakukan intervensi terhadap kasus yang ada.

“Secara umum, peningkatan kasus yang ada sekarang adalah alarm keras buat Pemkot untuk segera meningkatkan daya tempurnya. Bukan hanya wacana Makasar Recover, tetapi segera kawal Makassar untuk memenuhi indikator standar yang direkomendasikan,” ucapnya, Jumat (11/6/2021).

Menurut Prof Ridwan, angka Rt Covid-19 yang mencapai 1,45 menandakan tingkat penyebaran tinggi. Sehingga Pemkot harus memperkuat testing dan tracing. Didukung dengan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Standar sekarang sangat buruk, Rt Makassar 1,45 itu sangat buruk,” lanjutnya.

Dia juga meminta pemerintah serius menangani dugaan varian baru yang mulai menghantui sejumlah daerah, sebelum kasus telanjur menyebar.

Semisal kasus Apartemen Sudirman yang dalam sepekan berlipat hingga 100 kasus, hal ini menurutnya berbahaya jika kasus yang menyebar adalah varian baru. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
8
5
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar