Manfaat Daun Wortel, Mencegah Kanker hingga Stroke

Sabtu, 12 Juni 2021 11:50

wortel

FAJAR.CO.ID — Wortel tak hanya bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daun wortel ternyata kaya akan nutrisi. Sayuran ini bahkan mengandung sekitar enam kali lebih banyak vitamin C daripada akar, kalium, kalsium dan fitonutrien.Daun wortel bisa menjadi pilihan sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Berikut manfaat daun wortel untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah peradangan

Kandungan vitamin C yang besar dalam daun wortel bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Efek ini bisa mencegah berbagai jenis peradangan yang ada. Daun wortel bisa mempercepat proses penyembuhan saat sakit, meredakan nyeri, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu detoks dalam tubuh

Klorofil juga berperan sebagai antioksidan yang bisa menetralkan molekul berbahaya di tubuh. Klorofil menghasilkan aliran oksigen dan darah yang lancar. Efek ini membantu tubuh menyingkirkan kotoran dan racun berbahaya. Konsumsi sayuran hijau seperti daun wortel bisa mengeluarkan bahan kimia beracun dan logam berat seperti merkuri dari tubuh.

  1. Mencegah kanker

Vitamin C pada daun wortel juga bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C bisa mengurangi keruskan sel DNA penyebab kanker. Vitamin ini bisa mengurangi perubahan peradangan yang memungkinkan sel-sel ganas berkembang menjadi tumor berbahaya.

Klorofil dalam daun wortel juga melakukan peran yang sama. Klorofil bisa mencegah kerusakan DNA dan peroksidasi lipid, yang mengurangi risiko kanker. Sebuah studi kecil juga menemukan klorofil bisa membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker.

Bagikan berita ini:
5
8
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar