Petisi Cabut Izin Tambang Mas Sangihe, Pak Presiden Jokowi Kasihani Rakyatmu

Sabtu, 12 Juni 2021 13:51

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MANADO — Petisi menolak Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Tambang Mas Sangihe (TMS) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), makin tak terbendung.

Hingga Sabtu (12/6) pukul 13.00 Wita, petisi yang dibuat di situs change.org itu teleh diteken nyaris 70.000 orang.

Rakyat pun meminta pengasihan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Ini isi lengkap petisinya

Petisi menolak Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Tambang Mas Sangihe (TMS) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), makin tak terbendung. Hingga Sabtu (12/6) pukul 13.00 Wita, petisi yang dibuat di situs change.org itu teleh diteken nyaris 70.000 orang.

Kami masyarakat adat Sangihe, adalah orang Indonesia yang diam di Pulau Kecil bernama Sangihe. Kami berada di ujung utara, terpisah dari daratan pulau Sulawesi dan berbatasan laut dengan Negara tetangga Filipina.

Di dasar laut kami terdapat dua gunung api aktif dan satu gunung di atas daratan yang juga aktif. Hal ini cenderung menyebabkan lempeng tektonik bagian kerak dan mantel atas bumi kami sering patah. Tak heran dalam literatur sejarah menyebutkan gelombang Tsunami pernah terjadi di wilayah kepulauan kami akibat letusan gunung berapi aktif tersebut.

Namun begitu kami masyarakat Sangihe mampu mengambil hikmah menerimanya sebagai bagian kekayaan negeri dengan latar budaya bahari yang kuat. Sebuah masyarakat yang hidup menjadi penjaga garis depan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di ujung Sulawesi Utara.

Bagikan berita ini:
4
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar