Soal Pajak Sembako, PKS dan Legislator Golkar: Pemerintah Cederai Rasa Keadilan

Sabtu, 12 Juni 2021 18:21

ILUSTRASI

“Kami di PKS mengusulkan agar pajak penghasilan masyarakat berpendapatan kurang dari 8 juta dihapuskan.Dan pajak sepeda motor ber cc kecil juga ditiadakan. Ini akan sangat membantu kelompok masyarakat bawah!”

Syaikhu juga mengingatkan kepada Pemerintah agar mengkaji secara komprehensif dampak dan risiko kebijakan pajak sembako sebelum diwacanakan ke publik dan diajukan ke DPR RI.

“Harus dikaji betul dampak dari kebijakan tersebut sebelum dilemparkan ke publik dan DPR RI. Karena ini akan sangat mempengaruhi kredibilitas dan trust publik ke pada pemerintah,” pungkasnya.

Penolakan juga disuarakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Fauzi. Dia membandingkan penurunan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) mobil hingga 0 % sementara sembako akan dipajaki hingga 12 persen.

“Ini kan sungguh ironi di tengah situasi ekonomi masyarakat seperti saat ini. Pemerintah harusnya punya nurani untuk menimbang sebelum mengusulkan pajak untuk sembako,” katanya.

Fauzi mengatakan, segala upaya pemerintah sebelumnya untuk membantu masyarakat ekonomi lemah tak sesuai dengan rencana pajak sembako. “Sebab kita tahu, sembako itu kebutuhan paling dasar masyarakat. Bukan lagi memberatkan tapi akan mencekik masyarakat bawah,” ungkapnya.

Bagikan berita ini:
10
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar