Beda Pendapat soal Penyebab Kebakaran Rumah Sesepuh Muhammadiyah

Minggu, 13 Juni 2021 21:16

Dua unit motor yang terbakar. Dugaan keluarga, ada keanehan karena sumber api dari teras.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kebakaran hebat yang melanda rumah sesepuh Muhammadiyah di BTN Hartaco Indah, Blok C, Kota Makassar pada dinihari tadi menyisakan duka dan cerita.

Rumah itu diketahui milik sesepuh Muhammadiyah Sulsel, KH Nasaruddin Razak. Dia adalah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Periode 2005–2010.

Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Makassar, Hasanuddin, mengatakan, api diduga pertama kali muncul di salah satu bagian rumah yang diduga akibat kosleting listrik.

“Api berhasil dikuasai sekitar 50 menit berkat enam unit armada dan 21 personel dikerahkan. Diduga akibat kosleting listrik,” katanya, Minggu (13/6/2021).

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 3.00 dinihari. Berdasarkan laporan dari Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Sulsel, kebakaran itu menyisakan tembok bangunan. Atap di lantai dua, perabotan rumah, dan dua sepeda motor hangus terbakar.

Informasi yang dihimpun dari laporan keluarga Kiai Nas, sapaan akrab KH Nasaruddin Razak, bahwa titik api berasal dari teras rumah di dekat motor parkir.

“Pengakuannya istri Pak kiyai, ada didengar suara motor dari luar. Dan setelah itu ada ledakan,” kata salah satu Tim MDMC.

“Ada ditemukan semacam botol kaca, tetapi masih diselidiki polisi. Belum bisa disimpulkan. Satu hal yang perlu disyukuri, Kiai Nas beserta penghuni rumah lainnya dinyatakan selamat dari cobaan tersebut,” sambung dia. (Ishak/fajar)

Bagikan berita ini:
9
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar