Menag Ditelepon Perwakilan Kerajaan Arab Saudi, Calon Jamaah Haji Harap Bersabar

Minggu, 13 Juni 2021 15:45

Ibadah haji dengan prokes

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pupus sudah harapan calon jamaah haji asal Indonesia untuk berangkat haji tahun ini. Itu setelah Kerajaan Arab Saudi memastikan tak akan membuka negaranya untuk jamaah dari luar negeri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mendapat telepon oleh perwakilan haji dari Kerajaan Arab Saudi, Sabtu sore (12/6/2021).

“Saya mendapat telepon dari yang mulia Wakil Haji Kerajaan Saudi Arabia yang sampaikan kepada saya bahwa Arab Saudi tidak membuka negaranya untuk jamaah haji dari luar arab,” kata Gus Yaqut dikutip Fajar.co.id dari akun YouTube Kompas TV, Minggu (13/6/2021).

Ketua GP Ansor itu menambahkan pihak kerajaan hanya memberikan kesempatan bagi warga negara asing yang sudah menetap di Arab Saudi untuk berhaji tahun ini.

Menurut Menag pada tahun ini Arab Saudi memperbolehkan kurang lebih 60.000 calon Jemaah yang melaksanakan haji. Hal ini berbeda dari haji tahun sebelumnya yang hanya diperbolehkan sebanyak 10.000 jemaah.

Menag pun mengatakan alasan penutupan haji untuk Jemaah luar negeri karena mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan calon Jemaah haji dan meningkatnya pandemi Covid-19.

“Kebijakan ini sama dengan tahun kemarin, ia sampaikan atas pertimbangan kesehatan dan keselamatan calon jamaah haji. Karena beliau juga sampaikan pandemi covid belum terkendali, bahkan muncul banyak varian yang lebih mengkhawatirkan,” pungkas Menag.

Bagikan berita ini:
9
10
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar