Kemenhub Bakal Bangun Pelabuhan Penyebarangan di Makassar, Bisa Langsung ke Kalimantan

Senin, 14 Juni 2021 18:36

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Infrastruktur di Kota Makassar akan semakin maju. Kementerian Perhubungan RI akan membangun pelabuhan penyeberangan.

Diketahui, pembangunan pelabuhan penyeberangan tidak hanya menunjang transportasi laut di Makassar, namun antar pulau hingga ke Kalimantan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, pembangunan proyek ini awalnya di Dermaga Kayu Bangkoa, tetapi terkendala pemindahan aset pemkot ke pusat. Sehingga diputuskan di daerah Pesisir Pannyua.

“Di sini lebih enak mengembangkannya karena kita bisa mendapatkan 1,5 hektar area untuk parkir mobil apa semua, bisa roro jadi ke pulau itu bisa naik motor, naik mobil langsung ke pulau-pulau yang lebih besar,” katanya, Senin (14/6/2021).

Menurut Danny, Kota Makassar sejatinya membutuhkan penyeberangan yang lebih modern, menyusul tidak adanya dermaga yang memadai di kota ini.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto saat mengecek lokasi rencana pembangunan membenarkan hal tersebut.

“Tidak ada yang memadai,” ucap Danny saat mendampingi Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah XIX Kementerian Perhubungan, Suria Abdi.

Sementara, Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah XIX Kementerian Perhubungan, Suria Abdi, membeberkan, ada sejumlah rangkaian proses yang perlu dilakukan sebelum menuju ke pembangunan fisik. Antara lain feasibility study, Detail Engineering Design (DED), Andalalin, dan pengalihan sertifikat ke Kementerian Perhubungan.

“Setelah sertifikat dialihkan ke Kemenhub, baru nanti kami akan usulkan penganggarannya,” beber Suria.

Bagikan berita ini:
3
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar