Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Jusuf Kalla Tekankan Pentingnya Kebersamaan

Senin, 14 Juni 2021 14:56

Ketua PMI, Jusuf Kalla

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setiap tahunnya, tanggal 14 Juni selalu diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Negara-negara di seluruh dunia merayakannya dengan berbagai cara.

Dilansir WHO, peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan kebutuhan darah dan produk darah yang aman.

Selain itu juga untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada pendonor darah atas hadiah darah yang menyelamatkan banyak jiwa.

Seperti halnya di Indonesia. Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan.

JK akronim namanya ini menyebut, saat ini belum ada yang dapat menggantikan fungsi darah. Teknologi yang ada saat ini belum dapat membuat darah tiruan.

“Sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikan darah, darah belum ada yang bisa ciptakan buatan,” ujar JK pada sambutannya dalam acara peringatan hari donor darah sedunia melalui virtual, Senin (14/6/2021).

Ia menambahkan pentingnya kebersamaan dan kemanusiaan pada proses donor darah. Tanpa adanya kebersamaan bisa jadi banyak orang yang tidak terselamatkan karena kekurangan darah.

“Pada kasus Covid-19 kemarin, kan ada yang bisa yang menciptakan vaksin. Kalau darah tidak bisa, darah itu harus dari manusia ke manusia, itu pentingnya kebersamaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad mengungkapkan bahwa pihaknya sejauh ini sudah mengumpulkan 650 kantong darah. Menurutnya, hal itu tak terlepas dari dukungan seluruh warga Makassar.

Bagikan berita ini:
10
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar