Cara Mengatasi Ngompol pada Anak

  • Bagikan

Anak dapat berhenti ngompol saat mereka sudah bisa merasakan kandung kemihnya telahpenuh dan dapat bangun dari tidur saat merasa ingin kencing.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak?Sebagai orangtua yang cermat kita harus menyelesaikan masalah dengan cara yang mendukung anak.

Mulai dengan membantu anak mengatur pola minum dengan cara minum air terutama pada siang hari, dan mengurangi saat malam sebelum tidur.

Mengurangi minuman yang mengandung banyak kafein seperti teh karena menyebabkan banyak buang air kecil.

Cara yang juga ampuh adalah dengan membangunkan anak dan mengarahkannya untuk kencing pada jam-jam malam anak biasanya ngompol. Disinilah orang tua dapat banyak berperan.

Diharapkan dengan usaha maksimal, anak-anak kita dapat terbebas dari ngompol karena orang tua adalah panutan dan merupakan sosok yang paling dekat dengan anak.

Namun bila anak semakin dewasa dan belum bisa bebas ngompol, sebaiknya untuk memeriksakannya ke dokter agar dilakukan pemeriksaan yang baik dan mendapatkan arahan yang sesuai dengan keadaan anak.

Sebagai catatan, perlu dibedakan antara ngompol yaitu kencing sewaktu tidur dengan tidak dapat menahan kencing sama sekali, atau kencing yang merembes terus menerus karena merupakan keadaan yang berbeda dan perlu penanganan yang lebih ahli dengan menemui dokter anak di tempat Anda.

  • Bagikan