PPDB Dimulai 21 Juni, Legislator: Jangan Ada yang Coba Main-main

Selasa, 15 Juni 2021 19:01

ILUSTRASI. PPDB jalur zonasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gelaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dimulai, Senin (21/6/2021). Sejumlah persiapan sudah digalakan.

Untuk mengantisipasi adanya kesalahan, termasuk potensi permainan pada proses PPDB nantinya, Komisi D DPRD Kota Makassar memanggil Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Sekretaris Komisi D DPRD Makassar, Sahruddin Said, mengungkapkan, ada beberapa temuan pada pelaksanaan PPDB 2020 lalu. Makanya, ia menegaskan hal serupa tak boleh terulang lagi.

Berdasarkan temuannya tahun lalu, ada operator yang kedapatan memasukkan data fiktif untuk meloloskan calon peserta didik. Dari situ, operator mengambil keuntungan dari orang tua pendaftar.

“Jangan ada yang coba main-main di operator. Kemarin saya dapat ada yang berani memasukkan data fiktif. Kemarin masih kami kasih teguran dan kalau ini terulang pasti akan kita laporkan,” ujarnya, pada rapat persiapan PPDB, di Ruang Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/6/2021).

Legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu menegaskan semua operator harus bekerja sesuai petunjuk teknis (juknis). Jangan ada yang mencoba mencari keuntungan pribadi dari PPDB ini.

“Jangan ganggu sistem. Biarkan berjalan dengan sistem yang berlaku. Kalau ada yang main-main tarik jarak yang tadinya tidak bisa masuk, dibisakan, hati-hati,” tegasnya.

Selain itu, pada PPDB tahun lalu Sahruddin juga mengaku menemukan ada kepala sekolah yang coba bermain. Namun, ia enggan menyebutkan dimana asal sekolahnya.

Bagikan berita ini:
10
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar