Server Bermasalah, Pendaftar PPDB Panik

Selasa, 15 Juni 2021 15:02

DATANG BERTANYA. Orang Tua Datangi Posko Sekolah. FOTO: ABE

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Mata Ousy berkaca-kaca. Buliran air mata terlihat jelas di wajahnya. Pandangannya fokus ke layar ponsel. Berulang kali ia terlihat mengetik di layar telepon selulernya.

Ousy mencoba mengakses situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi sedari pagi hingga malam. Namun, langkah itu tak berhasil. “Dari tadi pagi, sampai saat ini, saya belum bisa mendaftar, ” keluhnya, sembari menyeka air matanya.

Sang paman yang melihat kesedihan dan kepanikan keponakannya yang duduk di sofa ruang tamu itu, mencoba menghampiri. Ia mencoba membantu. Berulang kali ia memasukkan data di situs PPDB, namun tak berhasil melakukan pendaftaran.

Kondisi Ousy bisa jadi dialami oleh calon peserta didik lainnya yang diliputi kepanikan saat mengalami hambatan saat mendaftar dalam jaringan (daring).

Tak dipungkiri, hari pertama PPDB SMA jalur zonasi di Kota Makassar, Senin (14/6/2021), mengalami sejumlah hambatan. Jaringan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel dinilai bermasalah. Tak ayal membuat sejumlah orang tua siswa mendatangi posko sekolah.

Kepala Bidang SMA Disdik Sulsel, mengakui, permasalahan jaringan disebabkan karena server yang tidak sanggup menerima serbuan dari orang tua maupun peserta. Disdik Sulsel sendiri menggandeng Disdukcapil untuk mengantisipasi tindak kecurangan. Hanya saja, di hari pertama pelaksanaan PPDB server bermasalah.

Ketua Panitia PPDB Sulsel Idrus merinci, panitia PPDB jalur zonasi telah dibentuk di 12 wilayah cabang dinas. Ia tak memungkiri, kendala penolakan berkas ketika mendaftar sering dialami peserta didik.

Bagikan berita ini:
5
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar