Usul Kawasan Ekonomi Khusus Pangan di Luwu Utara, Akademisi Sarankan Ini

Selasa, 15 Juni 2021 19:56

IST

Fajar.co.id, Luwu Utara — Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengusulkan sebuah konsep pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangan di Kabupaten Luwu Utara. Usulan ini terungkap dalam diskusi daring Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Pangan di wilayah Kabupaten Luwu Utara, Minggu (13/6/2021) malam.

Meski begitu, konsep pengembangan ini nantinya menyentuh wilayah Tana Luwu. Di mana konsep KEK Pangan akan difokuskan di Luwu Utara, dan KEK Energi di Luwu Timur. “Diskusi malam ini adalah tindak lanjut dari pertemuan beberapa waktu lalu antara Bupati, Ketua DPRD bersama Tim STP Unhas. Ini adalah bentuk sinergi dalam rangka mendorong petumbuhan ekonomi berkelanjutan melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Direktur STP Unhas, Prof. Dr. dr. Andi Wardihan Sinrang.

Prof Wardihan mengatakan, usulan KEK Pangan di Luwu Utara dilatarbelakangi oleh keinginan bersama antara STP Unhas dan Pemda Luwu Utara untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami kontraksi akibat pademi COVID-19.

“Pangan di sini tentu tidak berdiri sendiri, harus didukung oleh sektor-sektor lainnya, seperti kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Makanya diskusi kita malam ini menghadirkan para pakar dari STP Unhas dan pejabat Pemda terkait,” jelas Prof Wardihan.

Masih kata Wardihan, usulan KEK Pangan untuk Luwu Utara adalah sangat tepat, mengingat ketahanan pangan menjadi isu strategis yang harus mendapat perhatian serius serta pangan sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di Luwu Utara.

Bagikan berita ini:
5
4
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar