Wacana PPN Sembako Mulai Pengaruhi Harga di Pasar Tradisional

Selasa, 15 Juni 2021 17:47

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rencana pemerintah mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap bahan kebutuhan pokok atau sembako sudah diketahui hampir seluruh pedagang di pasar tradisional. Bahkan, sedikitnya sudah mempengaruhi harga yang ada.

Salah seorang pedagang di Pasar Pannampu Kota Makassar, Syarifuddin mengaku sudah mendengar informasi bahwa pemerintah akan mengenakan pajak untuk sembako.

“Iya sudah (tahu rencana pajak sembako). Saya lihat di televisi begitu. Iye, hampir semua pedagang di sini taumi,” kata Udin, Selasa (15/6/2021).

Hal yang sama juga dikatakan Rati, seorang pedagang di Pasar Terong. Meski mengetahui rencana tersebut, kata dia, belum ada kenaikan harga yang terjadi.

“Masih samaji, harga-harga biasa seperti kemarin-kemarin. Tapi kalau nanti ada pajaknya ini pasti mi kita kasih naik harga,” katanya.

Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Makassar sendiri mencatat ada kenaikan harga untuk sejumlah komoditi bahan pokok. Salah satunya adalah cabai rawit yang saat ini terpantau di harga Rp 42.000.

Sementara untuk komoditi lainnya seperti daging, beras, telur, bawang dan lain-lain harganya tetap stabil.

“Untuk saat ini kami lihat harga masih relatif stabil meskipun ada komoditi yang naik seperti cabai rawit,” kata Kepala Bidang Pengendalian Konsumen Dinas Perdagangan Makassar, Sri Rejeki saat dikonfirmasi.

Menurut Sri, rencana pemerintah untuk pengenaan PPN sembako sudah pasti akan mempengaruhi harga. Apalagi saat ini para pedagang sudah menyimpan kekhawatiran terhadap rencana tersebut.

Bagikan berita ini:
8
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar