Web PPDB Sempat Error, Manajemen Server Kurang Baik?

Selasa, 15 Juni 2021 21:21

Ketua PPDB Sulsel, Idrus, saat memantau operator PPDB Dinas Pendidikan Sulsel.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Situs web Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2021 sempat error pada hari pertama pendaftaran.

Bahkan, situs web pendaftaran PPDB Sulsel sempat dihentikan sementara pada Senin pagi kemarin hingga malam hari.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sulsel, Idrus, mengatakan, masalah teknis jaringan seluler bisa menjadi penyebab situs web menjadi error sehingga sulit diakses.

“Secara teknisnya, saya enggak paham. Intinya terjadi trouble sistem aplikasi PPDB. Namun, pada pukul 21.00 wita Senin tadi malam sudah bagus. Berjalan normal sampai hari ini. Kalau ada yang error, bisa jadi jaringan selulernya,” kata Idrus, Selasa (15/6/2021).

Ia mengungkapkan, peserta didik yang ingin mendaftar bisa kembali mengakses situs web PPDB Sulsel melalui satu pintu yaitu situs https://sulsel.siap-ppdb.com. Mulai dari proses pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga daftar ulang dilaksanakan lewat situs PPDB tersebut.

Idrus meminta agar peserta didik ataupun orangtuanya tak khawatir karena proses seleksi tidak didasarkan waktu pendaftaran.

“Kita minta waktu untuk masyarakat bersabar untuk bisa mengakses kembali. Jadi bukan dulu-duluan daftar diterima,” jelasnya.

Terpisah, Praktisi IT Cybermakassar.com, Hamka, menyebutkan, pesan notifikasi waktu awal pendaftaran pada website PPDB Online bertuliskan “Terjadi ganguan interkoneksi data kependudukan Sulawesi selatan” pada form pendaftaran saat tombol di submit.

Bagikan berita ini:
5
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar