Kasus Covid-19 Meningkat, dr Reisa Broto Asmoro Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Rabu, 16 Juni 2021 22:00

dr Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas COVID-19

Dia juga menerangkan varian baru Delta telah terkonfirmasi beredar di Jawa Tengah dan juga terdapat kemungkinan sudah beredar di daerah lain.

“Varian apa pun yang akan muncul sebagai akibat mutasi alami virus, tidak mungkin akan menjangkiti apabila semua tindakan pencegahan dilakukan,” tandas Reisa.

Menurut dia, memakai masker merupakan cara jitu untuk melawan varian virus baru dan Covid-19 secara umum, mengingat virus SARS-Cov-2 menular melalui droplets.

“Masker yang dipakai pun harus yang ampuh menangkal droplets masuk ke tubuh lewat rongga mulut dan hidung,” jelas Reisa.

Dia menjelaskan, masker medis yang sebaiknya digunakan merupakan masker yang sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Apabila menggunakan masker kain, sebaiknya menggunakan yang terdiri dari minimal tiga lapis. Membuka masker dapat dilakukan pada saat makan dan minum atau olahraga, dengan syarat tetap menjaga jarak aman minimal dua meter.

“Jangan buka masker di ruang tertutup yang banyak orangnya. Saya jelaskan lagi bahwa virus adalah makhluk mikro organisme yang dapat saja melayang di udara ruang tertutup atau bersifat aerosol,” tegas Reisa.

Bagikan berita ini:
8
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar