Kesaksian Zaenal Tayeb Berbeda dengan BAP, Hakim Bersuara Lantang Ingatkan Tidak Berbohong

Rabu, 16 Juni 2021 11:41

Zaenal Tayeb saat memberikan keterangan di depan hakim PN Denpasar kemarin (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, DENPASAR–Pengusaha sekaligus promoter tinju nasional, Zaenal Tayeb, 64, menjadi saksi dalam sidang kasus keterangan palsu ke dalam akta otentik dengan terdakwa Yuri Pranatomo, 43.

Zaenal Tayeb berhadapan dengan korban sekaligus pelapor Hedar Giacomo Boy Sam, yang tak lain keponakannya sendiri.

Dalam persidangan yang dipimpin hakim Supriyanto itu, sekitar 1,5 jam Zaenal Tayeb dicecar dan dimarahi hakim lantaran mengingkari keterangannya sendiri dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di kepolisian.

Zaenal Tayeb dalam persidangan menyatakan tidak pernah menyuruh terdakwa Yuri Pranatomo membuat draf perjanjian kerja sama dengan korban.

Namun, dalam BAP, Zaenal mengakui menyuruh terdakwa. Keterangan yang berbeda itu membuat hakim Hari dan hakim anggota dua IGN Putra Atmaja naik pitam.

Hakim sampai mengingatkan bahwa Zaenal Tayeb tidak berbohong karena sudah disumpah.

“Di BAP Anda mengaku memberikan perintah lisan kepada terdakwa untuk membuat draf, tapi di persidangan menyangkal. Yang benar yang mana?” cecar hakim Hari.

“Saksi jangan menutupi. Kalau keterangan saksi salah, maka putusan kami juga salah,” tandas hakim Hari.

Meski sudah dicecar, Zaenal Tayeb bergeming. Pengusaha berdarah Bugis itu tetap tidak mengakui perbuatannya. Zaenal Tayeb tetap kukuh tidak pernah memerintahkan terdakwa.

Namun, hakim menunjukkan BAP yang diteken Zaenal Tayeb. Tanda tangan itu menunjukkan jika Zaenal Tayeb sudah mengerti isi BAP.

Bagikan berita ini:
4
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar