Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2021, Ini Bocorannya Sesuai Permen PANRB Nomor 27 Tahun 2021

Rabu, 16 Juni 2021 10:16

Ilustrasi tes cpns

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Permenpan RB resmi mengumumkan tiga aturan baru untuk penyelenggaraan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Salah satu diantaranya adalah PermenPANRB No. 27/2021 tentang Pengadaan PNS atau bisa diunduh melalui https://jdih.menpan.go.id/puu-1224-Peraturan%20Menpan.html

Dalam aturan tersebut secara jelas disebutkan dalam pasal 31, seleksi pengadaan PNS terdiri atas 3 (tiga) tahap, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Adapun SKD dalam pasal 35 tetap seperti tahun sebelumnya yakni terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dalam pasal 36 disebutkan, TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, pertama, nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional. Kedua, integritas, dengan tujuan mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

Ketiga, bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. Keempat, pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sedangkan, TIU dalam pasal 37 untuk menguji, pertama, kemampuan verbal, yang meliputi: analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain; silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan; dan analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Bagikan berita ini:
5
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar