Kopi Asik Enrekang Jajaki Ekspor 4 Negara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah sukses memasarkan kopi lokal berkualitas di dalam negeri. UMKM Kopi Asik kini menyasar 4 negara untuk tujuan ekspor.

Kopi Asik berasal dari perkebunan kopi di Kabupaten Enrekang yang kemudian disebut sebagai kopi Kalosi.

Kopi ini dikenal dengan cita rasa dan ciri khas aroma harum kopi yang sangat kuat tapi lembut dengan campuran bunga, buah dan rempah. Perisa (flavour) kompleks dan kekentalannya (body) juga sangat kuat.

CEO Kopi Asik, Abdul Rahim menjelaskan bahwa mereka telah menghasilkan kopi jenis arabika dengan kualitas dan reputasi tinggi karena ditanam oleh masyarakat yang memiliki kepedulian atas mutu.

"Masyarakat ini tergabung dalam kelembagaan petani tradisional dan profesional (kelembagaan petani di bawah pengolah swasta) yang seluruhnya dinaungi oleh lembaga Masyarakat Perlindungan Kopi Enrekang (MPKE) sejak tahun 2012," kata Abdul Rahim, Selasa (15/6/2021).

Salah satu produk unggulannya adalah Kopi Arabika Wine. Dimana proses fermentasi dilakukan dengan metode single origins yang diberikan perlakuan khusus untuk mendapatkan karakter fermentasi buah yang seimbang.

Pengolahan buah kopi pascapanen singel origns dalam satu wilayah perkebunan kopi menggunakan air secara intensif sebagai bagian dari proses. Tahapan proses ini mulai dari sortasi buah merah, pengupasan buah, fermentasi, pencucian dan pengeringan, serta mengunakan mesin sortasi biji kopi.

"Proses ini mempunyai kemiripan dengan pengolahan secara semi basah. Variasi tebal sisa lapisan lendir di permukaan kulit tanduk akan berpengaruh pada lama proses pengeringan. Senyawa gula dalam sisa lendir akan terfermentasi secara alami berbarengan dengan proses pengeringan. Senyawa hasil fermentasi akan berpengaruh terhadap warna kulit tanduk dan cita rasa biji kopinya," jelasnya.

  • Bagikan