Obituari Mister Muhtar, Sosok Pencipta Logo Persebaya

Rabu, 16 Juni 2021 11:38

Mister Muhtar pencipta logo wong mangap. (Dok Jawa Pos )

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Masyarakat mungkin hanya mengenal logo Persebaya Surabaya adalah seorang lelaki berambut sebahu dengan ikat kepala.

Mulutnya terbuka seperti sedang berteriak. Gambar tersebut banyak ditemukan di kaus-kaus pendukung Persebaya. Terlihat juga di sejumlah tempat di beberapa sudut Kota Surabaya dan bahkan sampai ke Sidoarjo.

Mereka yang memakai atau yang melihatnya merasa bangga dengan logo tim pujaannya itu.

Namun, mereka yang jumlahnya ribuan (atau bahkan ratusan ribu) tersebut mungkin banyak yang tak tahu siapa yang menciptakan logo fenomenal itu. Dia adalah Muhtar. Kami yang bekerja di Jawa Pos lebih suka memanggilnya dengan Mister.

Kali pertama mengenalnya saat Askring atau Asal Kringetan, sebuah tim sepak bola yang beranggota karyawan semua bagian (mulai redaksi, pracetak, percetakan, hingga ekspedisi) di Jawa Pos, berlatih di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya, atau yang juga dikenal sebagai Stadion Tambaksari. Posisinya adalah penjaga gawang.

Tapi, posisi itu tidak paten bagi Mister. Saat Askring pindah ke lapangan Menanggal, posisinya adalah winger. Dengan usia yang tak muda lagi, Mister tetap bermain penuh semangat. Layaknya pemain PSM Makassar, kota asal Mister, dia tak mau kalah dengan pemain muda.

Seusai latihan pun, Mister tak langsung pulang. Dia bahkan termasuk yang terakhir meninggalkan lapangan. Mister tak canggung berkumpul dan berbaur dengan rekan-rekan yang usianya jauh lebih muda.

Bagikan berita ini:
1
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar