Pemasok Senjata KKB Diduga Terima Uang dari Ketua DPRD

Kamis, 17 Juni 2021 13:50

KKB di Papua

FAJAR.CO.ID, PAPUA – Ratius Murib alias Neson Murib (26), terduga pemasok senjata KKB diduga menerima uang dari Ketua DPRD Tolikara, Sonny Arson Wanimbo sebanyak Rp370 juta.

Uang itu diduga digunakan melakukan transaksi jual beli senjata api dan amunisi untuk teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Hal itu terungkap saat polisi menangkap Neson Murib di Puncak Jaya, Papua pada Senin (14/6/2021).

Saat ditangkap, polisi menyita uang tunai Rp370 juta dari tangan Neson Murib.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, uang itu bersumber dari Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Arson Wanimbo.

“Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu dengan saudara Dewan Wenda yang mana bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika,” kata Kombes M Iqbal Alqudusy melalui keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

“Uang tersebut diberikan oleh anggota Ketua Dewan I Kabupaten Tolikara (Ketua DPRD Tolikara) atas nama Sonny Wanimbo,” sambungnya.

Iqbal menduga uang Rp 370 juta diberikan Sonny kepada Neson Murib pada pertengahan April 2021 di Hotel Meta Star Waena.

“Sonny Wanimbo merupakan teman kuliah Neson di Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali,” ucapnya.

Saat masih kuliah, Sonny Wanimbo merupakan Ketua Ikatan Mahasiswa Pegunungan Sejawa dan Bali. Ia aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi dan kongres kemahasiswaan pegunungan.

Bagikan berita ini:
9
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar