20 ABK Terombang-ambing di Laut, Terpaksa Minum Air Hujan, Gaji Tak Dibayar

Jumat, 18 Juni 2021 17:20

Istri ABK Amir, Nurlia.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Amir Hamzah tidak bisa berbuat banyak di atas kapal MT Ocean Star, yang kini berada di perairan Timor Leste.

Pria berusia 38 tahun asal Kota Makassar itu dan 19 ABK lainnya kehabisan makanan, karena sudah terlalu lama berada di laut.

Penyebabnya, bahan bakar kapalnya yang habis dan mengalami mati mesin dan listrik, saat hendak menuju ke Timor Leste untuk kegiatan operasional minyak dan gas pada 3 April 2021 lalu.

Mirisnya lagi, gajinya yang seharusnya dibayarkan oleh perusahaan mereka tak kunjung dibayar selama empat bulan. Amir pun berharap segera ada bantuan dari pihak terkait atas masalah ini.

Istri Amir, Nurlia, pun mengaku merasa sangat sedih. Suaminya dipekerjakan secara tidak manusiawi tanpa imbalan sedikit pun, meski sudah bertahan di laut selama berbulan-bulan.

“Berangkat akhir Januari sampai saat ini. Di Timor Leste itu sejak April sampai sekarang. Kondisinya sekarang dari makanan tdk ada. Kecuali dari pihak KBRI dan perusahaan tidak ada,” kata Nurlia, kepada jurnalis Fajar.co.id.

“Gaji selama empat bulan belum terbayar. BBM juga sudah tak ada. Sejak berangkat memang belum digaji sampai saat ini,” tambah Nurliah saat ditemui di rumahnya, Jumat (18/6/2021).

Dia mengaku telah mendapat gaji suaminya. Namun itu sudah lama dan sudah tak cukup untuk menghidupi dua orang anaknya.

Bagikan berita ini:
2
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar