Satgas Nemangkawi Dalami Temuan Penyumbang Dana Teroris KKB

Jumat, 18 Juni 2021 20:02

kelompok kriminal bersenjata (KKB)

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Satgas Nemangkawi terus mendalami temuan penyumbang dana untuk kelompok kriminal teroris bersenjata (KKTB, sebelumnya disebut kelompok kriminal bersenjata/KKB). Beberapa tokoh juga akan diperiksa. Antara lain pimpinan DPRD berinisial SW dan sejumlah orang dari Pemda Puncak, Papua.

Rencana pemeriksaan itu muncul setelah satgas menangkap pemasok senjata KKTB bernama Ratius Murib (RM). Saat penangkapan, ditemukan buku catatan yang memuat nama-nama penyumbang dana untuk KKTB. Sumbangan tersebut diduga digunakan untuk membeli senjata bagi KKTB.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombespol M. Iqbal menjelaskan, semua nama yang tercatat dalam transaksi akan dipanggil penyidik. Namun, tidak dijelaskan dengan detail siapa saja yang akan diperiksa. ”Yang jelas semuanya saja ya,” katanya.

Hingga kemarin petugas masih berupaya mendalami semua sumber dana yang didapatkan RM. Serta pembelian senjata dan amunisi yang dilakukan yang bersangkutan. ”Masih proses,” imbuh Kabidhumas Polda Jawa Tengah tersebut.

Dikonfirmasi terkait temuan itu, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom menampiknya. ”Tidak benar kami mendapatkan uang dari pemda dan ketua DPRD,” ucapnya. Menurut dia, semua itu bisa jadi merupakan rekayasa dengan tujuan menjerat orang untuk ditangkap. ”Dokumennya bisa dimanipulasi dengan tujuan tertentu,” terangnya saat dihubungi Jawa Pos tadi malam (17/6).

Sementara itu, penanganan kasus penangkapan RM ditarik ke Direktorat Kriminal Umum Polda Papua. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengaku sudah memerintah Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Papua untuk segera menarik kasus tersebut dari Polres Puncak Jaya. Dengan begitu, pengembangannya bisa lebih cepat dan menyeluruh.

Bagikan berita ini:
4
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar