Sulsel di Pusaran Korupsi, Titip Uang untuk Dapat Proyek

Jumat, 18 Juni 2021 14:19

SIDANG KORUPSI Kontraktor Harry Syamsuddin yang merupakan Komisaris PT Purnama Karya Nugraha menjadi saksi persidangan t...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kontraktor di Sulsel meyakini terdakwa kasus suap proyek infrastruktur, Agung Sucipto punya jaringan untuk medapat proyek. Mereka pun rela menitipkan uang demi memenangkan tender proyek.

Cara untuk mendapat proyek dengan menitip uang antara lain dilakukan oleh kontraktor bernama Harry Syamsuddin.

Komisaris PT Purnama Karya Nugraha itu menjadi saksi persidangan terdakwa Agung Sucipto alias Anggu di Pengadilan Tipikor Makassar, Kamis, 17 Juni. Dalam keterangan yang disampaikan di hadapan majelis hakim, Harry menceritakan kronologis uang yang ia berikan kepada Anggu. Dia mengakui uang itu diperoleh dari pinjaman bank.

Harry mengaku menyerahkan uang sebesar Rp1,05 miliar melalui anak buahnya bernama Abdul Rahman untuk diserahkan ke terdakwa Agung Sucipto. Harry mengungkapkan uang pinjaman dari bank itu untuk mendapatkan proyek irigasi di Kabupaten Sinjai pada 2021.

“Itu sesuai pesanan Pak Anggu untuk proyek irigasi di Sinjai,” kata Harry di Pengadilan Negeri Makassar, Kamis, 17 Juni.

Harry mengungkapkan, uang tersebut diberikan kepada terdakwa Anggu, karena yakin bisa meloloskan proyek irigasi di Sinjai melalui jaringannya. “Pak Anggu waktu itu telepon minta proposal proyek irigasi di Sinjai. Pak Anggu bilang bisa membantu,” bebernya.

Harry mengaku percaya, sebab Anggu selama ini mampu mendapatkan proyek Pemrov Sulsel. Selain itu Anggu, kata Harry, juga punya kedekatan dengan Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah sejak masih menjabat bupati Bantaeng.

Bagikan berita ini:
8
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar