Terbukti Illegal Logging, Wakil Ketua DPRD Takalar Divonis Penjara 1 Tahun dan Denda Rp1 Miliar

Jumat, 18 Juni 2021 14:09

Muh Jabir Daeng Bonto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kasus pembalakan liar (illegal logging) yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Takalar, Muh Jabir Daeng Bonto masuk ke babak baru. Legislator Partai Golkar itu kini divonis satu tahun penjara.

Jabir juga harus membayar denda Rp1 miliar subsider dua bulan kurungan penjara, atas putusan dalam perkara penebangan pohon di Kawasan Suaka Margasatwa Ko’mara dan Hutan Produksi Kabupaten Takalar pada 11 Maret 2021 lalu.

“Menyatakan terdakwa H. Muhammad Jabir alias Daeng Bonto telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menebang pohon, di dalam kawasan hutan tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat yang berwenang, sebagaimana dalam dakwaan alternatif kesatu,”

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa (Muh Jabir) oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dan denda sebesar Rp1 miliar, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama dua) bulan,” tulis putusan perkara di situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Makassar, yang dilihat hari ini, Jumat (18/6/2021).

Perkara ini dipimpin oleh Ibrahim Palino sebagai Hakim Ketua, dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas nama Agus Kurniawan dan Ridwan Saputra.

Adapun barang bukti berupa lima jenis pohon berbeda yang telah ditebang tanpa izin, menggunakan satu unit alat berat. Penebangan itu dianggap dapat terjadi longsor karena kurangnya nilai konservasi dan mata air di kawasan itu.

Bagikan berita ini:
5
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar