Kementerian Kominfo Masifkan Hilirisasi Ekonomi Digital

Sabtu, 19 Juni 2021 15:19

FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya mendongkrak perekonomian masyarakat pasca diterjang badai pandemi. Meskipun saat situasi wabah belum stabil, tetapi perekonomian harus terus tumbuh, guna menopang kehidupan masyarakat di era kenormalan baru.

Upaya ini bakal diwujudkan melalui pelatihan 50 ribu warga, dengan menyasar lima kota besar di Indonesia, yaitu Makassar, Medan, Denpasar, Semarang, dan kota Solo.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kominfo,Hary Budiarto mengatakan, pelatihan itu ditujukan kepada masyarakat luas, khususnya pelaku UMKM, lulusan pendidikan tinggi, profesional, dan aparatur sipil negara.

“Program ini sesuai arahan Presiden Jokowi, bagaimana Indonesia harus masuk ke transformasi digital. Ada lima arahan yang harus dilaksanakan untuk hilirisasi ekonomi digital di Indonesia dan Kementerian Kominfo menyiapkan program akselerasi,” ujarnya dalam pembukaan TalenTalks Event Aga Kareba, di Swiss-Bel Hotel Makassar, Jumat (18/6/2021).

Hary menambahkan, lima kota itu adalah percontohan. Setiap kota akan menyasar 10.000 peserta pelatihan. Target totalnya bakal dilakukan di 20 kota untuk setiap tahunnya.

“Kita canangkan lima kota bisa sebagai contoh, nanti kota lain akan dilakukan tahun berikutnya, sekitar 20 kota per tahun agar bisa mengakselerasi masyarakat Indonesia masuk ke dunia digital, merata ke seluruh Indonesia,” tuturnya.

Dari total 10.000 target di setiap kota, mereka akan melatih 6.500 ibu rumah tangga, pegiat Karang Taruna dan masyarakat umum. Kemudian 3.000 orang alumni perguruan tinggi dan profesional untuk up dan reskilling, ditambah 500 pimpinan ASN beserta perangkat pemerintah,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
8
5
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar