Merdeka 19 Juni

Sabtu, 19 Juni 2021 08:55

Disway

Di antara 14 orang itu ada yang menolak dengan alasan nama UU itu akan membingungkan: mengaburkan hari kemerdekaan Amerika yang sebenarnya. Bacalah sekali lagi nama UU itu.

Ada juga yang beralasan hari libur sudah terlalu banyak. Sudah 9 hari. Termasuk hari buruh, hari Veteran, thanks giving, hari Martin Luther King. Hari libur yang terakhir itu kan sudah cukup mengakomodasi persamaan hak.

Lalu ada juga yang menolak karena UU baru itu terkesan berlatar belakang perjuangan ras. “Kalau libur nasional dilatarbelakangi ras, nanti akan ada hari libur semua ras,” katanya.

Ada juga yang bilang tambahan libur itu oke saja, tapi jangan disebut hari kemerdekaan. “Sebut saja hari persamaan hak,” katanya. “Atau hari kebebasan. Atau apalah,” tambahnya.

Presiden Joe Biden langsung mengesahkan UU baru itu. Kemarin. Maka tanggal 19 Juni hari ini Amerika mulai libur nasional baru.

Yang masih gagal diperjuangkan adalah: belum ada tokoh kulit hitam yang wajahnya muncul di uang dolar Amerika. Semua tokoh di dalam uang Amerika adalah orang kulit putih.

Bagikan berita ini:
1
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar