Kipas Angin Lebih Berbahaya dari AC?

Minggu, 20 Juni 2021 14:33

Ilustrasi/Kipas Angin

FAJAR.CO.ID — Cuaca belakangan ini memang cenderung panas. Banyak orang menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan. Kipas angin yang harganya lebih ekonomis selalu diandalkan orang untuk kesejukan di dalam ruangan.

Kipas angin kini menjadi perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki. Bahkan saat tidur pun sebagian orang selalu memakainya semalaman di kamar, supaya tidak gerah saat tidur.

Nah berikut ini 5 perbedaan dan risiko kipas angin dan AC:

Tidak bisa mengatur suhu

Kipas angin tak bisa menurunkan suhu, sehingga ketika udara di sekitar panas, maka angin yang keluar juga akan panas. Berbeda dengan AC yang bisa diatur suhunya semau kita.

Bahaya kipas angin, berisiko terkena bells palsy

Walaupun membuat sirkulasi udara lebih lancar dan cenderung lebih sehat ketimbang AC, kipas angin juga punya risiko kesehatan.

Jika sering terpapar angin pada sisi wajah, mengakibatkan sindrom bells palsy, di mana wajah akan tegang dan susah tersenyum.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan menyalakan kipas angin terlalu dekat dari tubuh.

Paru-paru basah karena kipas angin ternyata tidak benar, tapi ini bahayanya

Banyak orang yang mengira tidur dengan kipas angin bisa menyebabkan paru-paru basah, apalagi jika kipas tersebut langsung menghadap ke arah kita.

Tapi hal ini ternyata salah dan hanya mitos belaka, dan bahaya kipas adalah dapat menyebarkan debu ke seluruh ruangan, yang dapat mengganggu orang terutama bagi yang memiliki alergi.

Bagikan berita ini:
4
6
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar