Mahasiswa UNM Temukan Teknologi Cegah Pencurian Tanaman Hias Mahal

Minggu, 20 Juni 2021 18:47

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Memelihara tanaman hias masih menjadi tren yang digemari oleh banyak orang. Bukan hanya untuk mempercantik rumah, kegiatan ini juga menjadi terapi yang ampuh untuk mengatasi rasa stres dan bosan selama pandemi covid-19.

Tak tanggung-tanggung, seringkali pilihan masyarakat jatuh pada tanaman hias yang harganya fantastis. Salah satunya yang sempat viral tahun lalu adalah beberapa jenis Monstera yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Selain perawatan yang membutuhkan skill khusus, menjaga keamanan tanaman tentu harus menjadi perhatian pecinta tanaman hias.

Namun, kini pecinta tanaman hias tak perlu khawatir lagi. Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menemukan solusi tepat mengantisipasi kehilangan tanaman hias.

Mereka adalah Hairil Asyurah, Nur Asisah, Riswan Ridwan, dan Muhammad Bili Akbar. Keempatnya berhasil menemukan konsep rak tanaman hias dengan dilengkapi sistem Internet of Things (ToT).

Rak tanaman tersebut akan mengeluarkan bunyi jika ada pergerakan mencurigakan yang mendekat. Selain itu, rak ini juga akan secara otomatis mengirimkan pesan ke pemilik tanaman.

“Alat ini akan menjadi solusi dari keresahan penghobi tanaman Hias dari banyaknya kasus pencurian yang terjadi, ini akan menjadi solusi bagi pengoleksi tanaman hias tersebut,” ujar Hairil ketua tim kepada fajar.co.id, Minggu (20/6/2021).

Selain itu, kata Hairil, Rak bunga ini juga dilengkapi sensor kelembaban tanah yang mampu mendeteksi kelembaban pada media tanam sehingga secara otomatis dapat melakukan penyiraman.

Bagikan berita ini:
8
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar