Pemkot Makassar Bakal Bangun Laboratorium Baru, Bisa Periksa Varian Baru Covid-19

Minggu, 20 Juni 2021 19:02

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19. Laboratorium khusus tengah diupayakan.

Pasalnya saat ini, Pemkot Makassar tidak memiliki laboratorium mumpuni yang bisa mendeteksi mutasi baru dari Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Andi Khadijah Iriani mengungkapkan, laboratorium tersebut bakal dibangun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya.

“Kalau kita Makassar, insyaallah kita sementara mengupayakan laboratorium yang dapat mendeteksi varian-varian baru. Ini sementara lagi diupayakan di rumah sakit umum daerah Kota Makassar di Daya,” kata Hadijah, Minggu (20/6/2021).

Laboratorium di RSUD Daya diklaim akan menjadi yang pertama mendeteksi varian baru untuk wilayah Makassar. Pasalnya selama ini deteksi varian baru hanya dilakukan di Litbangkes Jakarta.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan peremajaan alat hingga ruang laboratorium. Sebab varian baru Covid-19 mesti menggunakan alat khusus.

“Pak Wali ini benar-benar memperhatikan karena beliau memang menyampaikan bahwa harus sekarang selesaikan itu laboratorium yang di rumah sakit Daya, kemudian kita dapat memeriksa varian-varian baru dari COVID-19,” kata Hadijah.

Ia belum bisa memastikan kapan laboratorium itu akan beroperasi. Namun semakin cepat laboratorium tersebut dikerja, semakin cepat pula laboratorium itu akan dioperasikan.

Laboratorium ini diharapkan bisa segera rampung supaya bisa segera digunakan. Apalagi saat ini juga ada beberapa spesimen dari pekerja proyek apartemen yang dikirimkan ke Jakarta karena dicurigai sebagai varian baru.

Bagikan berita ini:
9
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar