Dijebol Ronaldo, Klopp Kritik Sistem Tiga Bek Jerman, Alasannya Masuk Akal

Senin, 21 Juni 2021 09:41

Juergen Klopp/Getty Images via BBC Live

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengeritik sistem tiga bek yang digunakan Jerman di Piala Eropa 2020. Berbicara kepada Magenta TV, Klopp menggemakan sentimen beberapa pakar dan komentator.

 “Agak tidak nyaman untuk menilai karena setiap pelatih memiliki hak untuk membuat keputusan sendiri. Tapi saya akan memainkan empat bek dengan tim ini. Saya tidak terlalu menyukai sistem (back-three),” jelasnya dikutip dari Bavarianfootballworks.

Tiga bek menjadi subyek kontroversi sejak Pelatih Jerman, Joachim Loew menggunakannya sebagai solusi untuk masalah pertahanan tim. Itu adalah formasi yang sama sekali tidak familiar bagi pemain Jerman.

Sebagian besar starting XI di tim nasional berasal dari Bayern Munchen. Sisanya adalah pemain-pemain Chelsea, Real Madrid, dan Manchester City. Mereka semua jarang bermain dalam sistem back-three selama musim reguler. Kecuali Chelsea.

Klopp tampaknya setuju dengan pendapat ini. “Saya bisa membayangkan lini tengah dengan Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan dan Toni Kroos dengan sangat baik. Semua orang akan berada dalam posisi di mana mereka merasa nyaman,” ujarnya.

Selain Antonio Rudiger, hanya Robin Gosens, yang bermain untuk Atalanta di Serie A, yang memiliki pengalaman bermain dengan tiga bek di level klub. Dan itu bisa dilihat dari penghargaan Man of the match yang diterimanya.

Meski demikian, sistem tiga bek belum banyak membantu mengatasi masalah pertahanan Jerman. Itu karena Portugal berhasil mencetak dua gol melalui Cristiano Ronaldo dan Diogo Jota. Selain itu, tembakan Renato Sanches sempat membentur mistar gawang. Sebelumnya, Prancis juga mengalahkan Jerman dengan skor 1-0.

Bagikan berita ini:
2
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar