Makan Ikan Secara Rutin, 4 Penyakit Ini Bisa Dihindari

Senin, 21 Juni 2021 07:16

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.OD, JAKARTA – Ikan adalah salah satu makanan paling sehat di planet ini. Ikan sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D.

Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang sangat penting bagi tubuh dan otak Anda.

Mengonsumsi ikan minimal 2-3 kali seminggu adalah pilihan yang baik, karena bisa mencegah beberapa penyakit.

Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi ikan secara rutin, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Mencegah penyakit jantung

The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat.

Sedangkan, Kementerian Kesehatan RI sendiri merekomendasikan untuk makan ikan sebanyak 2 – 3 kali per minggu.

Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan omega-3 dalam ikan amat baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan makan ikan kaya omega-3 (tuna, sarden, dan salmon) punya manfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko depresi

Beberapa penelitian telah membuktikan makan ikan bisa membantu mengurangi risiko kondisi depresi.

Hal ini mungkin karena kandungan omega-3 dalam ikan. Penelitian membuktikan konsumsi ikan bisa lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, dibandingkan jika Anda hanya mengonsumsi obat antidepresan.

Bagikan berita ini:
5
3
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar