Permintaan Ekspor Gurita Sulsel Melonjak Tajam, Lampaui Tuna

Senin, 21 Juni 2021 21:32

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komoditas gurita di Sulawesi Selatan punya nilai yang cukup tinggi di pasar dunia. Alasan ini yang kemudian membuat permintaan ekspor komoditas ini melonjak di tahun ini.

Total ekspor dari bulan Januari hingga Mei sudah mencapai 1.711,5 ton. Angka ini menghampiri ekspor gurita di tahun 2020 sebesar 2.147,53 ton.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Hardi Haris mengatakan, peningkatan ekspor ini didukung oleh harga gurita yang kian baik di pasaran.

“Nilai ekspor gurita kita mengalami peningkatan yang cukup besar. Harga terus membaik dan makin banyak permintaan di pasar dunia,” terang Hardi Haris, Senin (21/6/2021).

Harga gurita yang terus membaik tentu akan membuat nelayan semakin bersemangat untuk melaut dan menggenjot hasil tangkapannya.

“Semoga meningkatnya ekspor gurita kita dapat semakin meningkatkan kesejahteraan nelayan,” tuturnya.

Adapun wilayah penyumbang produksi gurita terbesar tahun ini datang dari Kepulauan Selayar dan Kabupaten Barru sebagai dua teratas. Disusul produksi dari Bone dan juga Sinjai.

Sementara itu, Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Makassar mencatat, peningkatan ekspor gurita telah melampaui ekspor tuna. Tahun lalu tuna berada di urutan ke empat dari lima komoditas perikanan unggulan di Sulawesi Selatan. Sementara gurita berada di urutan ke lima.

Bagikan berita ini:
4
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar