58 Tahun Andi Fahsar, Ada Impian yang Belum Kesampaian

Selasa, 22 Juni 2021 21:57

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, BONE — Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi genap berusia 58 tahun, Senin, 21 Juni, kemarin.

Sudah periode kedua menjabat bupati atau sudah tujuh tahun. Sudah banyak penghargaan diraihnya. Namun, masih ada impian yang belum kesampaian selama hidupnya ini.

“Ada impian saya yang sebenarnya sudah hampir terwujud tiba-tiba terjadi regulasi yang tidak diingankan yakni, ingin menjadikan Bone pintu gerbang Sulsel. Sebagai pintu ekonomi di Sulsel bagian timur dengan mencoba akses Bajoe,” katanya Selasa (22/6/2021).

Fahsar mengutarakan, tahun pertama menjabat bupati sudah bertemu dengan perancang Bajoe, sementara asyiknya tiba-tiba regulasi hilang, tarik semua Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE). Kewenangan bupati ditarik.

“Saya sudah bicara dengan pakar ekonomi di Makassar, saya terbentur dengan persoalan regulasi dan tidak menjadi kewenangan daerah. Tapi ide segar itu masih ada, mudah-mudahan itu menjadi bahan untuk melihat dan memajukan Bone,” bebernya.

Karena menurut Puang Baso Fahsar sapaan karibnya, ketika itu terwujud bisa menyediakan kebutuhan di Sulawesi Tenggara dengan membuka grosir dengan harga yang sama di Makassar. “Makanya orang cukup sampai saja di Bone,” sebutnya.

Selain itu, ada satu hal yang perlu dipikirkan bersama. Bone dalam sejarah adalah sentra budaya Bugis. Sentra adat Bugis tetapi yang dilihat daerah lain lebih cepat menjemput pengembangan budaya Bugis itu sendiri dibanding sentranya sendiri.

Bagikan berita ini:
2
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar